NSK Nugroho Professional Hypnotherapy Site

...Empowering Your Daily Life!

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
Home Hypno Articles Hypnotherapy Permasalahan Tidur (1)

Permasalahan Tidur (1)

E-mail Print PDF
There are no translations available.

Hipnoterapi dalam masalah / gangguan tidur (1)

Definisi

Susah TidurBerdasarkan pengalaman di klinik, setiap orang memiliki definisi sendiri mengenai ”masalah tidur” atau ”tidak dapat tidur”. Sebagian mengatakannya sebagai tidur tidak nyenyak (selalu terbangun), ada juga yang mengatakan sebagai sulit tidur di malam hari (karena kenyataannya pelaku dapat tidur nyenyak di siang hari), ada juga yang mengatakan bangunnya tidak segar mekipun sudah tidur lebih dari 8 jam, dan sebagainya. Sehingga ”tidak dapat tidur” atau masalah tidur dapat dikategorikan sebagai sulit tidur (sulit untuk tidur meskipun siang hari- Sleep Difficulties) maupun tidak dapat tidur dengan nyenyak (gangguan tidur/ tidur terganggu – Sleep Disorder).

Beberapa klien yang mengalami keadaan ini, sebagian di antaranya, sudah menggunakan bantuan obat tidur. Tetapi, beberapa di antaranya tetap mengalami masalah, bahkan semakin sulit tidur (meskipun sudah menambah dosisnya, bukannya pelaku makin mudah tidur, tetapi semakin sulit tidur). Akibatnya, secara fisik, respons dan reaksinya semakin lambat. Dan ....tetap bermasalah..., terpejam tetapi pikirannya tidak menentu, gelisah, dan sebagainya.

Sebagai referensi, Encyclopedia Britanica menyebutkan bahwa tidur adalah proses di mana gerakan tubuh sudah menurun, otot mengendur, kesadaran atau respons terhadap lingkungan menurun, demikian juga dengan aktifitas otak yang sudah rendah. Jenis tidur sendiri dibedakan antara tidur REM (Rapid Eye Movement) dan Non-REM. Jika dikaitkan dengan aktifitas otak, maka yang dinamakan tidur nyenyak tanpa mimpi adalah tidur Non REM dimana aktifitas otak kita sangat rendah.

Mengapa terjadi permasalahan tidur?

Permasalahan tidur dapat disebabkan oleh karena faktor fisik maupun psikologis.

1. Faktor Medis atau Fisik

Permasalahan yang terjadi karena ketidak seimbangan sistem dalam tubuh, seperti sistem metabolisma, tingkat keaktifan suatu kelenjar (misalnya kelenjar adrenalin), diabetes, masalah kekakuan otot, ketidak seimbangan tekanan darah, dan sebagainya.

2. Faktor  Non Medis atau Psikis atau Mental

Permasalahan tidur akibat ketidak selarasan dalam sistem kesadaran dimana pelaku melayani suatu ”beban pikiran” sehingga otak/ pikiran menjadi sangat aktif, secara disadari langsung atau tidak, sengaja atau tidak. ”Beban pikiran” tersebut seperti dapat berupa stress, pengalaman masa lalu yang tidak menyenangkan (traumatik) yang secara tidak disengaja masuk dalam pikiran, memikirkan suatu pekerjaan yang belum selesai, dan sebagainya.

Kedua faktor ini bekerja secara sinergis, tidak terpisahkan satu sama lain. Masalah medis dapat mengakibatkan terganggunya sistem psikologis. Sebaliknya, masalah psikologis dapat mengakibatkan terganggunya keseimbangan sistem tubuh atau masalah medis. Misalnya, hari itu anda terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas yang mengakibatkan sakit perut dan mulas-mulas. Keadaan ini, mungkin karena perut anda selalu terasa mulas, secara tidak disadari langsung pikiran anda terbebani masalah ini. Pikiran menjadi kelewat aktif, sehingga anda terganggu secara psikologis di mana hal ini terbawa ketika akan tidur atau tidur, yaitu sulit untuk tidur atau tidur anda terganggu. Tidur anda menjadi bermasalah. Sebaliknya, misalnya pada hari itu kita cemas luar biasa karena suatu tekanan pekerjaan. Karena mungkin anda selalu memikirkan tekanan pekerjaan tersebut, salah satu sistem di tubuh andapun menjadi terlalu aktif (misalnya kelenjar adrenalin), akibatnya keseimbangan tubuhpun terganggu, disadari atau tidak, disengaja atau tidak. Ketidak seimbangan ini biasanya berefek menjadi, misalnya, sakit perut, pusing, atau yang lainnya. Demikian juga, keadaan ini terbawa ketika akan tidur atau tidur. Tidur anda menjadi bermasalah.

Karena adanya keterkaitan tersebut, maka banyak cara yang dapat dilakukan. Seperti anjuran para ahli medis, untuk selalu menjaga kondisi fisik kita dengan baik. Misalnya dengan memperbaiki asupan, olah raga secukupnya, mandi air hangat sebelum tidur, suhu ruangan yang sesuai ketika tidur, dan sebagainya.

Namun, bagaimana mempersiapkan kondisi psikiologis supaya dapat tidur dengan nyenyak?  Hal inilah yang akan kita bahas di sini.

Contoh kasus dan Penanganan melalui metoda Hipnoterapi

...(bersambung).....

(mohon menyebutkan site ini sebagai sumber, untuk memperbanyak/ menyalin artikel di atas)

Last Updated on Wednesday, 17 June 2009 17:31  

PRIVATE CLASS

Integrated Modern
Hypnotherapy Workshop

25 - 30 hours
Rp. 12.000.000,-

Rincian dan silabus
klik di sini

KONTAK:
WA: 0818150543
Phone: 0816972603

(Sampaikan bahwa anda
mendapat informasi
dari site ini)

 

Web Chat



There are no translations available.

Ingin mengundang kami sebagai nara sumber dalam setiap acara anda?
Atau...
untuk melakukan training di perusahaan anda?

  • Hypnosis for Selling or Marketing untuk meningkatkan penjualan perusahaan anda.
  • Memotivasi karyawan  untuk meningkatkan kinerja perusahaan.

Atau....
Ingin menjadi Event Organizer bagi pelatihan-pelatihan kami?
Terbuka bagi siapa saja (perorangan atau kelompok usaha) yang berminat untuk menjadi Event Organizer untuk modul-modul pelatihan yang dibawakan oleh NSK NUGROHO.

JIKA ANDA BERMINAT...  JUST CALL  US!!!

0186-972603 or 0818150543
or email:  nsknugroho@nsknugroho.com

*Karena banyaknya permintaan training di berbagai tempat dan perusahaan, maka kami beri kesempatan untuk menentukan jadwal pelaksanaan training bagi pihak yang telah melakukan Down Payment (sebesar minimal dua juta rupiah) terlebih dahulu.